Rabu, 01 April 2015

KURSUS & SERVICE SEPEDA MOTOR

Cara service carbulator HONDA Supra fit dan sejenisnya.

Salam buat semua …! ini sedikit ada tips/cara dari kami ,buat para pemakai sepeda motor
Yang kebetulan belum tau bagaimana cara jika motor yang anda punya ,mengalami
Kerusakan / berubah stelanya dari standarnya.yang diakibatkan karena carbulatornya kemasukan air waktu mencuci/sudah lama tidak diservice.

1.Alat/Kunci yang harus disediakan :
-Obeng,jelas obeng yang kita akan gunakan harus obeng –dan+ ( Obeng kembang dan Obeng plat ).
-Kunci 8/10mm, komplit yang pas dan yang ring.Soalnya motor yang keluaran sekarang kebanyakan menggunakan baut 8mm.
-Wajan kecil. Kalo ga ada bisa kita pakai apa saja yang penting biasa dipakai buat wadah nanti kita nyuci/bersihin carbu yang akan kita service.
-Air complesor.kalo ga ada juga kita bisa gunakan kompaan manual seperti kompaan buat speda itu.
-Sapu-sapu kecil atau bahasa yang biasa dipakai adalah koas cat.
-Tang. Tang buat nanti kalo kita butuh jika ada yang harus ditahan / ada komponen yang macet buat dibuka.

2.Langkah pertama.
Pertama tama motor yang mau kita buka harus sudah dalam keadaan mesinya dingin,
Agar tangan kita tidak terkena mesin yang panas,Pasti kalian juga taukan kalo tangan kena benda panas akan gimana rasanya ….
Mulai kita buka satu persatu casing/sayap-sayap yang menutupi mesin.kalau sayap sudah kebuka semua,baru kita buka baut yang mengikat carbu ke manifulnya.
Sudah karbu lepas terus kita buka tutup sekep yang ada di atas carbu,sudah lepas tutup sekep kita buka baut yang mengikat mangkok penampung bensin yang berada dibawah bagian carbulator.
Setelah lepas itu tinggal kita membuka pilot jet dan main jet atau biasa kita sebut sepuyer.dan tak lupa jarum dan pengapungnya juga.
Setelah lepas semua tinggal kita membersihkanya dengan bensin dengan cara membasuhnya dengan bensin yang bisa kita ambil dari tangki motor sndiri tentunya, setelah proses pencucian beres lalu kita tiup bagian bagian lubang yang dimana tempat sevuyer berada tentunya dengan sevuyernya kita tiup dan jangan lupa juga lubang baut setelan angin yang berada diluar disamping baut stelan stasioner,kita tiup juga jangan sampai kelewat.
3.Langkah kedua.
Berikutnya tinggal kita memasangnya kembali komponen yang tadi kita buka, tentunya ketempatnya semula satu persatu. jangan lupa komponen yang kita stelkan harus kenceng atau dalam arti jangan kendor,yang akan mengakibatkan kekacauan nati ke setelan carbu tersebut. Setelah itu tinggal kita pasangkan lagi karbu tersebut kemaniful,sebelum memasang karbu kita cek dulu bensin yang dari tangki ke carbulator apakah lancar atau tidak ,kalo lancar kita bisa langsung memasangnya,dan apabila ternyata bensin jalannya tidak lancar itu bisa disebabkan ada kotoran yang menyumbat,caranya kita bisa tiup jalur selang tersebut
Setelah carbulator terpasang dengan benar langkah berikutnya kita buka tutup filter untuk membersihkan filter yang berada didamnya,setelah filter terbuka kita bisa lihat apakah filter tersebut masih bisa dibersihkan apa sudah harus diganti,kalo filter sudah oke
Kita pasang kembali.

4.Penyetelan.
Untuk mempermudah penyetelan carbulator kalian bisa mengerjakannya sebagai berikut :
-Tutup / kencengkan baut stelan angin
-Lalu hidupkan mesin
-Paksa hidup mesin supaya bisa langsam (Bisa hidup tanpa tuas gas ditahan dengan tangan )
-Lalu putar keluar baut stelan anginya,sampai mesin RPM nya naik dengan sendirinya semaksimal mungkin dan rata/tidak pincang.
-Terahir putar baut stelan stasioner keluar dan pastikan dimana RPM cukup menurut anda enak dalam arti tidak terlalu kencang atau tidak terlalu kendor stasionernya.

Setelah itu baru motor bisa anda coba jalan,dan dijamin motor anda akan kembali enak dipakai, yang tadinya pincang hidupnya atau boros BBM insaallah akan kembali normal.

Sumber:http://elivpmotor.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar